Friday, March 5, 2010

Tanker Norwegia Dibajak!!

MADAGASCAR - Sebuah kapal tanker milik Norwegia dibajak oleh kelompok pembajak di wilayah Samudera Hindia. Menurut pemilik kapal, tanker itu dibajak usai berlayar dari Madagaskar.


Kapal tanker bernama UBT Ocean tersebut membawa muatan minyak dari Arab Saudi dengan tujuan ke Tanzania. Svenn Pedersan pejabat dari Brovigtank yang memiliki tanker tersebut menyatakan, kepastian pembajakan ini diperoleh setelah kapten kapal memberitahukan secara langsung kepada pemilik kapal.


"Tidak lama setelah kami kehilangan dengan kapal, kapten mengabarkan jika tankernya sudah dibajak," ungkas Pedersen seperti dikutip Reuters, Sabtu (6/3/2010).

UBT Ocean yang terdaftar di Marshall Islands, saat ini diketahui sedang berlayar ke perairan Somalia. Hal ini dipastikan oleh pemilik kapal berdasarkan informasi dari kapten kapal yang memastikan jika tanker tersebut dibajak.


Insiden pembajakan di perairan Afrika terus marak akhir-akhir ini. Penyerangan atas kapal yang melewati wilayah biasanya terjadi antara Maret dan Mei, saat kondisi gelombang laut dalam keadaan tenang.


Pembajakan kali ini sendiri terjadi dua hari setelah sekelompok pembajak menahan kapal tanker berbendera Arab Saudi beserta awaknya di Teluk Aden. Kapal tersebut diketahui dibawa ke kota Garacad, Somalia.


Usaha patroli internasional di Teluk Aden dan Samudera Hindia, hingga kini belum berhasil sepenuhnya mencegah serangan kapal-kapal oleh kelompok pembajak dari Somalia. 

0 comments:

Post a Comment