Sunday, March 28, 2010

Obama datang ke Afganistan dengan rahasia dan singkat

Obama datang ke Afganistan Bahkan, Hamid Karzai pun tak tahu jauh-jauh hari sebelumnya kalau Presiden Amerika Serikat Barack Obama bakal hadir di depan hidungnya. Mendarat di lapangan udara Bagram, tak jauh dari ibu kota Afganistan, pada Minggu (28/3/2010), Obama kemudian melanjutkan perjalanan ke Kabul.
Di Bagram, Komandan Pasukan AS dan NATO di Afganistan Jenderal McChrystal dan Dubes AS untuk Afganistan Karl Eikenberry menyambut Obama.

Nah, sebagaimana ditulis AP, Minggu, Presiden Afganistan Hamid Karzai baru diberi tahu soal kunjungan ini satu jam sebelum Obama tiba. "Ini kunjungan perdana Presiden Obama ke Afganistan dan Presiden ingin tahu perkembangan di lapangan," kata Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs soal rencana "siluman" ini.Seusai pertemuan dengan Hamid Karzai, Presiden Obama mengatakan, dirinya berbesar hati akan kemajuan terkait upaya penuntasan perlawanan di Afganistan. Ia juga mengatakan masih perlu usaha keras Pemerintah Afganistan untuk menata pemerintahan. Pemerintah Afganistan juga diminta mengurangi penyelundupan narkotika.

Sebagai imbal balik, kemudian, Barack Obama mengundang Hamid Karzai ke Washington pada Mei mendatang. Pihak Gedung Putih menegaskan, kunjungan balasan Hamid Karzai terlaksana pada Jumat (21/5/2010).

Obama hanya beberapa jam di Afganistan. Dengan pengawalan ekstraketat, Obama pun bertolak kembali ke AS.
Sebagai presiden, kunjungan ke Afganistan kali ini adalah yang pertama bagi Obama. Sebelumnya, pada 2008, Obama pernah pula ke Afganistan. Namun, kala itu, ia tengah berkampanye sebagai calon presiden.
Tahun lalu, tepatnya pada Desember, Obama memerintahkan pengiriman tambahan pasukan sebanyak 30.000 orang ke Afganistan. Ia juga menegaskan, penarikan pasukan Abang Sam terwujud pada pertengahan 2011.

Sekarang, pasukan AS menggelontorkan operasi sangat besar di kawasan selatan Afganistan. Di situ, kelompok Taliban memang memusatkan perlawanan mereka.

0 comments:

Post a Comment