Tuesday, July 6, 2010

Daftar Lagu Ciptaan AT Mahmud & Penyebab Meninggalnya AT Mahmud

Pencipta lagu anak Abdullah Totong Mahmud atau akrab disapa AT Mahmud (80) sebelum akhirnya tutup usia pada Selasa ( 6/7/2010 ), sempat keluar masuk rumah sakit lantaran terserang stroke dan mengidap penyakit infeksi paru-paru. "Bapak pernah kena stroke lima tahun yang lalu, tapi terakhir bapak terserang infeksi paru-paru," kata anak kedua AT Mahmud, Rika Fitrina Mahmud saat ditemui di rumah duka pencipta lagu Pelangi-Pelangi itu di Tebet Barat II No.18, Jakarta Selatan, Selasa ( 6/7/2010 ).

Sejak terserang stroke, pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 3 Februari 1930 itu jadi langgangan keluar masuk rumah sakit. "Bapak sudah sering keluar masuk rumah sakit," kata Rika.
Setelahnya, kondisi AT kian menurun hingga akhirnya tutup usia. "Meninggalnya jam 13.10 WIB tadi di Rumah Sakit MNC. Selama dirawat bapak manja sekali, malah makan sudah enggak mau selama dirawat di rumah sakit," jelas Rika. Sesuai rencana keluarga, jenazah AT yang kini bersemayam di kediamannya akan dimakamkan besok Rabu (7/7/2010 ) pukul 09.00 WIB di Pemakaman Menteng Pulo.



Daftar Lagu Ciptaan AT Mahmud 
 
Meninggalnya AT Mahmud merupakan kehilangan besar bagi dunia seni musik, utamanya musik anak-anak. Betapa tidak, AT Mahmud dalam usianya yang sudah sepuh itu masih rajin memerhatikan perkembangan lagu anak-anak. Ia mengaku prihatin ketika menyaksikan anak-anak di televisi menyanyikan lagu-lagu orang dewasa.

Di usianya yang sepuh, ia juga masih sering dimintai orangtua yang ingin anak-anaknya dibuatkan lagu.

Berikut adalah sedikit dari sekitar 500 lagu anak-anak karyanya yang pernah populer di masa lalu dan tetap dikenal masyarakat, bukan hanya anak-anak, melainkan juga orangtua, hingga saat ini:

- Anak Gembala
- Libur Tlah Tiba
- Paman Datang
- Di Stasiun
- Kereta Apiku
- Sukacita
- Cemara
- Angin Bertiup
- Mendaki Gunung
- Burung Bernyanyi
- Barisan Musik
- Hujan Rintik-rintik
- Hujan-hujan
- Ambilkan Bulan Bu
- Bintang Kejora
- Pelangi
- Amelia
- Cicak di Dinding

6 comments:

dwiretnosafitri1.blogspot.com said...

salut banget sama pak A.T Mahmud yang sudah memberikan kontribusi luar biasa bagi dunia anak, yakni berupa lagu anak-anak..
saya merasa sangat kagum dengan jasa-jasa beliau..
semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah.. aamiin :)
selamat jalan pak A.T Mahmud..
terimakasih sudah memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi dunia anak-anak :)

Aditiya Zamrud Anggar Kasih said...

Menunggu generasi AT Mahmud selanjutnya.. semoga Indonesia segera menemukannya...

Unknown said...

Terima kasih Pak AT Mahmud untuk lagu anak-anak yang bermutu baik dari melody maupun liriknya. Lagu ciptaan bapak bahasanya mudah dan lagunya enak didengar.Semoga Allah SWT membalas Budi baik bapak...Aaamiiin..



Unknown said...

salut banget saya... sama bapak A.T.mahmud semoga amal ibadah bapak diterima disisi ALLAH SWT AAMIIN ya robbal alamin💜

Rhagyl said...

Smoga Ada komponis lagu Anak2 lagi yg spt Bpk AT Mahmud...tuk beliau Smoga husnul khotimah..Aamiin

Rhagyl said...

Aamiin YRA

Post a Comment