Thursday, June 17, 2010

Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2010

Kegiatan akbar tahunan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2010. Festival itu digelar dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke-483 Kota Jakarta. Acara yang diprakarsai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini akan berlangsung pada 18 Juni-18 Juli 2010 di 67 pusat perbelanjaan. FJGS merupakan pesta belanja tahunan warga Ibu Kota yang telah dimulai sejak 1982 berupa festival pertokoan. Pada 1985 kegiatan itu berkembang menjadi pesta diskon pertokoan. Baru pada 2005 diberi nama Jakarta Great Sale, dan menjadi Festival Jakarta Great Sale pada 2010 ini.

FJGS 2010 berupaya fokus pada usaha menunjukkan Jakarta sebagai kota tujuan belanja, dengan tagline 'Jakarta adalah surga belanja'. FJGS 2010 sebenarnya bukan sekadar pesta diskon. Kata festival menegaskan bahwa event itu merupakan pesta bagi warga Jakarta, warga daerah lainnya, dan turis mancanegara. Tidak mengherankan jika target besar dicanangkan pada festival itu. Asisten Perekonomian dan Administrasi DKI Jakarta Hasan Basri mengatakan target penjualan pada FJGS 2010 adalah Rp7,2 triliun atau naik 20% jika dibandingkan dengan tahun lalu. "Ini menjadi tantangan bagi Kota Jakarta, mengingat di saat yang bersamaan Singapura dan Malaysia juga melakukan pesta diskon besar-besaran," ujar Hasan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, selain kegiatan itu digelar sebagai wisata belanja, tujuan lainnya adalah sebagai wisata sosial dan budaya, serta wisata life style.

"Festival ini harus dapat menunjukkan bahwa Jakarta adalah surga belanja yang kaya akan budaya, gaya hidup, dan kehidupan sosial yang menarik," cetus Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Jakarta Andreas Kartawinata.

Pembukaan FJGS 2010 diadakan 18 Juni 2010 secara serentak di lima pusat perbelanjaan di lima wilayah DKI Jakarta. Pembukaan akan dilakukan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Pada pembukaan tersebut diadakan penyalaan kembang api secara bersamaan di 33 pusat perbelanjaan, sekaligus pemecahan rekor Muri.

Diskon menggoda

Sementara itu, semangat menggelar pesta belanja sudah mulai terlihat. Umbulumbul dan spanduk FJGS 2010 sudah mulai menghiasi beberapa pusat perbelanjaan. Ratusan merek ternama terpampang di beberapa etalase dengan memberikan diskon besar-besaran. Tujuannya untuk menggoda konsumen.

Bukan hanya itu, beberapa pusat perbelanjaan pun menggelar midnite sale yang diadakan di jam-jam tertentu. Salah satunya di Emporium Pluit Mall. Di mal itu sedikitnya 200 tenant mengikuti program ini dengan mengusung tema Shocking Emporium. Mereka memberikan potongan harga hingga 70% dari pukul 20.00 hingga 24.00 WIB.

Di Grand Indonesia, kemeriahan FJGS 2010 akan disemarakkan dengan serangkaian acara menarik. Pusat perbelanjaan mewah yang terletak di Jakarta Pusat ini akan memanjakan para penggila sepak bola dengan acara nonton bareng Piala Dunia 2010. Acara nonton bareng juga dapat dinikmati di FX Lifestyle X’enter.

Bukan cuma itu, FJGS 2010 juga menyuguhkan acara menarik bagi anakanak. Mereka akan dihibur dengan kehadiran berbagai tokoh kartun. Salah satunya tokoh dalam fi lm Toy Story 3 - Toys are Back di Emporium Pluit Mall. Kemudian tokoh Snoopy akan hadir di Mal Puri Indah dengan tema Snoopy World Cup 2010 pada 24 Juni-18 Juli 2010.

Dengan berbagai suguhan yang menarik itu, Jakarta sesungguhnya menawarkan berbagai pilihan kebutuhan hidup yang lengkap baik barang, jasa, hiburan, maupun kuliner. Bukan cuma itu, Jakarta juga memiliki budaya yang unik dan masyarakatnya yang ramah.

0 comments:

Post a Comment