Thursday, May 13, 2010

Kaitan Penangkapan Teroris & Rencana Kedatangan Obama ke Indonesia

Detasemen Khusus 88 Antiteror Markas Besar Kepolisian melakukan penggerebekan di dua lokasi terpisah, Cawang dan Cikampek, 12 Mei 2010. Sementara, hari ini, Densus menyerbu lokasi persembunyian orang-orang diduga teroris si Sukoharjo, Jawa Tengah. Penggerebekan tersebut berdekatan dengan rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ke Indonesia yang diagendakan Juni mendatang.

    

Apakah penangkapan ada kaitannya dengan kedatangan Obama? "Itu tidak kita ketahui. Mudah-mudahan tidak ada," kata Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Zainuri Lubis, Kamis 13 Mei 2010. Jadwal kedatangan Obama diundur. Obama sebelumnya dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pertengahan Maret, jadwal itu diundur pada 20-25 Maret, dan akhirnya ditunda pada Juni 2010 mendatang.

Alasannya, Obama saat itu sedang fokus untuk meng-gol-kan Undang-Undang Kesehatan yang sedang digodok di Parlemen.  Maret lalu, sebelum kedatangan Obama, Kepolisian RI membongkar aktivitas jaringan teroris di Nanggroe Aceh Darussalam dan Pamulang, Tangerang. Buron teroris, Dulmatin tewas dalam penggerebekan di Pamulang saat itu.

Kepala Kepolisian RI, Jenderal Bambang Hendarso Danuri saat itu ditanya apakah Obama menjadi target teroris.  "Tidak ada sasaran tertentu, yang seperti itu tidak perlu kita jelaskan. Yang jelas ada rangkaian kegiatan yang dipersiapkan seperti itu," jawab Bambang Hendarso, 10 Maret 2010.

0 comments:

Post a Comment